Kamis, 23 Februari 2012

Prosedur Penerapan Pembelajaran melalui Bercerita

Kegiatan bercerita merupakan kegiatan yang memiliki manfaat besar bagi perkembangan anak serta pencapaian tujuan pendidikan. Sebelum melaksanakan kegiatan bercerita guru terlebih dahulu harus merancang kegiatan bercerita berupa langkah-langkah yang harus ditempuh secara sistematis.
Langkah-langkah yang harus ditempuh oleh guru adalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan tujuan dan tema cerita.
  2. Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih.
  3. Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita.
  4. Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita.
    1. mengkomunikasikan tujuan dan tema cerita;
    2. mengatur tempat duduk;
    3. melaksanakan kegiatan pembukaan;
    4. mengembangkan cerita;
    5. menetapkan teknik bertutur;
    6. mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.
  5. Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita.

Penerapan Strategi Pembelajaran melalui Bercerita

Penerapan strategi pembelajaran melalui bercerita mengacu pada prosedur pembelajaran yang telah dikembangkan sebelumnya, yaitu:
  1. Menetapkan tujuan dan tema cerita.
  2. Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih.
  3. Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita.
  4. Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita:
    1. mengkomunikasikan tujuan dan tema cerita;
    2. mengatur tempat duduk;
    3. melaksanakan kegiatan pembukaan;
    4. mengembangkan cerita;
    5. menetapkan teknik bertutur;
    6. mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.
  5. Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita.
Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan bercerita serta tema yang dipilih oleh guru menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan lainnya. Guru memiliki kebebasan untuk menentukan bentuk cerita yang dipilih, sepanjang bisa menggambarkan isi cerita dengan baik. Bahan dan alat yang dipergunakan dalam kegiatan bercerita sangat bergantung kepada bentuk cerita yang dipilih sebelumnya.
Untuk mengetahui ketercapaian tujuan dilaksanakan penilaian dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita untuk menumbuhkan pemahaman anak aka nisi cerita yang telah disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar